We always provide unforgettable service and memorable trip in your traveling

Tana Toraja

Bumi Lakipadada Tana Toraja adalah daerah primadona wisata Sulawesi Selatan dan dijuluki sebagai surganya wisata alam dan budaya. Memiliki kekayaan budaya dan keindahan alam yang termasyhur di dunia. Wilayah Tana Toraja mempunyai luas 3.205,77 kilometer persegi, terdiri dari 15 kecamatan, 116 lembang (desa), serta terdapat 27 kelurahan.

Kondisi topografi Tana Toraja berada di daerah pegunungan yang berbukit. Kawasannya terdiri dari 40% pegunungan, dataran rendah 38%, rawa dan sungai 2%. Daerah terendah adalah di Bonggakaradeng dan yang tertinggi adalah Rindinggallo. Dengan kondisi tersebut menjadikan kaya akan keragaman obyek wisata alam dan budaya yang hingga kini masih tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

Tana Toraja mempunyai kekayaan warisan budaya leluhur yang tidak akan dijumpai di belahan bumi lainnya. Seperti misalnya: obyek wisata Kambira (kuburan pohon khusus bayi), Kete Ke'su, Londa, Batutumonga, Lemo Buntang, Bori, Loko Mata, Perkampungan Nanggala, Buntao, Marante, Perkampungan Seni Ukir, arum jeram di Sungai Sa’dan, dusun Patane, keragaman aneka budaya upacara kematian (rambu solo), Silaga Tedong dan atraksi Sisemba (adu kaki).

Terdapat beberapa toko cindera mata dan oleh oleh jajanan khas kota Rantepao. Aneka jajanan khas, seperti: Depa Tori, makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur gula merah. Bentuknya kecil, kering dan rasanya manis. Terdapat juga ukiran khas Toraja dan menjadi souvenir, seperti: kain tenun, patung, golok, dan rumah rumahan tongkonan. Tersedia oleh-oleh jajanan dan souvenir dijual dengan harga yang cukup terjangkau.