We always provide unforgettable service and memorable trip in your traveling

Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken terletak di Sulawesi Utara, berada sekitar 8 kilometer dari Kota Manado. Letaknya strategis dan menjadikan taman laut ini mudah untuk dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik. Taman Nasional Laut Bunaken adalah salah satu tempat tujuan wisata menarik. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah berjemur, berenang, menyelam, snorkeling, atau sekedar menjelajahi hutan disekitar pantai.

Secara keseluruhan Taman Nasional Laut Bunaken memiliki area seluas 75.265 hektar. Terdapat 5 pulau disekitarnya, yaitu: Pulau Bunaken, Siladen, Manado Tua, Naen dan pulau Mantehage. Meskipun kawasan taman laut Bunaken memiliki 5 pulau yang saling berdekatan, namun hanya pulau Bunaken yang paling terkenal untuk wisata dan penyelaman. Taman Nasional Laut Bunaken diresmikan oleh Menteri Kelautan pada tahun 1991 dan menjadi objek wisata bahari dengan potensi alam dan aktivitas konservasi ekologi laut. Selain itu, taman laut Bunaken baik untuk perkembangan edukasi pengetahuan alam laut dan sumber daya alam.

Taman Nasional Laut Bunaken merupakan salah satu taman laut terindah di dunia, hal ini karena formasi terumbu karang yang indah dan luas. Menjadi pusat habitat lebih dari 3000 spesies ikan yang dijaga dari kepunahannya, seperti: ikan lolosi ekor kuning (lutjanus kasmira), ikan kuda gusumi (hippocampus kuda), goropa (ephinephelus spilotoceps), oci putih (seriola rivoliana). Juga memiliki aneka ragam jenis organisme akuatik langka seperti: lumba-lumba, ikan duyung, dugong dan berbagai jenis ikan hias.

Taman Nasional Laut Bunaken memiliki area cukup luas untuk penyelaman, namun lokasi penyelaman dibatasi disekitar pantai. Hal ini dilakukan untuk keselamatan pengunjung serta untuk memudahkan petugas pantai dalam mengawasi wisatawan. Pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan tropis dan terumbu karang yang indah dan menakjubkan. Taman Nasional Laut Bunaken termasuk salah satu diantara 10 tempat penyelaman yang populer di dunia.