We always provide unforgettable service and memorable trip in your traveling

Pasar Apung

Pasar Apung merupakan sebuah pasar tradisional yang berada di sungai Barito, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Para pedagang dan pembeli menggunakan Jukung atau perahu. Aktifitas pasar apung dimulai pagi hari jam 05.00 - 07.00 pagi. Matahari terbit dan memantulkan cahaya di antara transaksi belanja hasil bumi sayuran, buah dan hasil kebun dari perkampungan sepanjang sungai Barito.

Menyaksikan aktifitas pasar dengan panorama indah membuat wisatawan seolah sedang berwisata. Jukung atau perahu dengan muatan barang sayuran, buah buahan, aneka jenis ikan dan kebutuhan rumah tangga tersedia untuk dijual di pasar terapung. Ketika matahari mulai muncul, maka pasar apung mulai sepi karena para pedagang meninggalkan pasar dan membawa hasil dari aktifitas dari jual dan beli.

Suasana pasar apung cukup unik dan padat serta berdesak desakan antara perahu besar dan kecil. Pembeli dan penjual berlalu lalang dan kadang perahunya oleng karena gelombang sungai Barito cukup kuat. Pasar apung tidak memiliki wadah organisasi seperti pada pasar regular di darat, sehingga tidak tercatat berapa jumlah pedagangnya. Pedagang wanita berperahu untuk menjual hasil produksi sendiri atau tetangganya disebut Dukuh. Kemudian untuk pihak tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut Panyambangan. Hal unik dari pasar apung ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang.