We always provide unforgettable service and memorable trip in your traveling

Orangutan

Orangutan atau Pongo pygmaeus adalah salah satu spesies yang ada di Kalimantan atau Borneo. Sesuai dengan namanya, orangutan (Pongo pygmaeus) hidup di Borneo dan merupakan spesies endemik pulau Kalimantan. Walaupun populasinya lebih banyak dibandingkan orangutan di sumatera, namun bukan berarti orangutan bebas dari ancaman kepunahan. Orangutan Kalimantan adalah termasuk salah satu satwa langka Indonesia dengan status konservasi karena terancam.
 

Orangutan Borneo terdiri atas 3 subspesies yaitu: Pongo pygmaeus morio, Pongo pygmaeus wurmbii dan Pongo pygmaeus. Orangutan Borneo tidak jauh berbeda dengan saudaranya yang ada di Sumatera. Postur tubuhnya lebih besar dibanding Orangutan dari Sumatera. Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) mempunyai berat tubuh antara 50-100 kg untuk jantan dan 30-50 kg untuk betina dengan tinggi badan bisa mencapai 1.5 meter.

Bulu berwarna coklat kemerahan, memiliki lengan panjang dan kuat, kaki pendek, serta tidak memiliki ekor. Orangutan jantan mempunyai benjolan di kedua sisi wajah dan mulai berkembang di masa dewasa atau masa perkawinan pertama. Orangutan Kalimantan adalah binatang omnivora walaupun lebih menyukai tumbuhan. Mereka biasanya makan buah, daun, kulit pohon, bunga, serangga, telur burung, dan vertebrata kecil lainnya. Orangutan di Borneo aktif pada waktu siang hari dan berkomunikasi dengan suara.